Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 10 September 2015

Ciri ciri penyakit ginjal

Penyakit ginjal memang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Organ ginjal sebenarnya sangat berhubungan dengan urin kita, oleh karena itu jika terjadi sesuatu yang buruk terhadap ginjal kita maka akan terjadi perubahan juga terhadap urin kita. Penyakit ginjal dapat kita deteksi sejak dini dengan cara memperhatikan tanda-tandanya.
Banyak kasus sang penderita sakit ginjal baru mengetahui bahwa dia sakit ginjal ketika penyakitnya sudah parah, ini karena sakit ginjal agak sulit dideteksi sejak dini. Anda tidak mau seperti itu bukan? Ada beberapa tanda atau gejala sakit ginjal yang bisa kita jadikan peringatan akan sakit ginjal. Beberapa gejala penyakit ginjal adalah sebagai berikut ini.

Ciri ciri Penyakit Ginjal

1. Pembengkakan
Gejala ini lazim terjadi pada penderita gagal ginjal. Gagal ginjal yang terjadi membuat cairan menumpuk didalam tubuh sehingga terjadi pembengkakan dibeberapa bagian seperti tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya.
2. Perubahan Urin
Salah satu gejala penyakit ginjal adalah perubahan urin, ini dikarenakan ginjal adalah organ utama yang berhubungan dengan urin. Pada saat ginjal bermasalah, urin bisa berubah bentuk menjadi pucat dan pada beberapa kasus menjadi berbusa bahkan berdarah. Pada penyakit batu ginjal akan terasa perih saat buang air kecil.
3. Mudah Lelah
Patut waspada jika anda cepat lelah, itu merupakan gejala penyakit ginjal. Pada penderita ginjal, hormon eritropoietin menjadi sedikit sehingga lebih sedikit yang membawa oksigen keseluruh tubuh, efeknya sang penderita bisa cepat lelah.
gejala penyakit ginjal
Sudah tahu kan beberapa gejala penyakit ginjal, penyakit ginjal itu dapat dicegah lho. Pencegahan penyakit ginjal bisa dengan menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa cara pencegahannya adalah sebagai berikut :
1. Kurangi makan makanan yang berlemak, lemak juga mensuplai kolesterol dalam tubuh.
2. Konsumsi air putih, hindari obat-obatan kimia yang tidak jelas / bukan resep dokter, juga jamu yang kurang jelas.
3. Olahraga secara teratur.
4. Jangan merokok, bagi anda yang sudah merokok silakan kurangi sampai berhenti total.
5. Secara aktif memeriksakan kesehatan.
Nah gaya hidup sehat memang sangat menentukan kesehatan kita, oleh karena itu mari kita terapkan gaya hidup sehat. Jika tampak gejala penyakit ginjal, segera periksakan ke dokter

0 komentar

Posting Komentar