Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 19 September 2015

Mampaat Temulawak untuk kesehatan

Anda sudah tahu apa itu temulawak? Atau malah hafal dengan plesetannya dengan temulawak = ketemu lawak (bertemu tukang lawak) seperti diplesetkan dalam acara komedi? Temulawak adalah salah satu jenis tanaman obat yang sering dipakai untuk dijadikan jamu. Temulawak mempunyai bentuk dan warna hampir sama dengan kunyit. Didaerah tertentu, temulawak mempunyai nama koneng gede, sebuah nama yang asing bagi orang awam daerah lain.

Temulawak sering dijadikan menjadi jamu karena khasiat temulawak sangat bermanfaat untuk mengatasi bermacam – macam masalah kesehatan pada tubuh manusia. Temulawak kaya akan kandungan senyawa kimia pada rimpangnya yang baik untuk kesehatan, antara lain berupa fellandrean dan turmerol atau yang sering kali disebut minyak menguap.
Kurkuminoid pada temulawak yang terdiri dari kurkumin dan juga desmetoksikurkumin begitu bermanfaat untuk menetralkan racun, meningkatkan sekresi empedu, menghilangkan nyeri sendi, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Berikut beberapa khasiat temulawak lainnya :

Khasiat Temulawak

1. Mengatasi Kanker
Tahukah anda bahwa temulawak efektif untuk mengatasi kanker seperti kanker payudara, usus, dan prostat. Sebuah jurnal ilmiah The Prostate mengemukakan bahwa kandungan curcumin yang ada dalam temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker.
2. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Khasiat temulawak lainnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Begitu banyak gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan temulawak ini. Beberapa tahun silam sebuah klinik Gastroenterology dan hepatology menyatakan bahwa seorang pasien yang sakit pada ulcerative colitis semakin membaik setelah mengkonsumsi temulawak.
3. Meringankan Peradangan
Temulawak atau juga bisa disebut Curcuma memang dapat digunakan untuk meringankan peradangan. Khasiat temulawak yang satu ini rupanya sudah digunakan sejak dahulu kala.
khasiat temulawak
Itulah beberapa ulasan tentang khasiat temulawak, kita dapat membiasakan untuk mengkonsumsi obat alami dari alam agar membuat kita menjadi lebih sehat. Kurangi konsumsi obat-obatan yang mempunyai efek buruk berkepanjangan bagi kesehatan, sekian ulasan tentang khasiat temulawak semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar