Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 09 November 2015

Cara Mudah dan Murah Ternak Kambing

Melihat peluang bisnis sekarang, ternak kambing memang sangat menguntungkan bagi meraka yang berbisnis itu. Beternak kambing pun tidak mudah bagi yang belum menguasai ilmu tentang ternak kambing, tapi bagi yang sudah mengetahui manisnya bisnis ternak kambing maka akan kepincut dengan ternak kambing dan enggan meninggalkannya. Bisnis ternak kambing pun terbuka lebar bagi semua orang yang ingin melakukannya.
Bagaimana jika anda belum berpengalaman dalam beternak kambing? Anda membaca artikel yang tepat, disini kita akan membahas tentang bisnis ternak kambing. Nah, apa saja tipsnya untuk ternak kambing? Silakan simak tips-tips dalam beternak kambing  secara mudah dan murah di paparan berikut ini :

Cara Mudah dan Murah Ternak Kambing

1. Carilah ilmu untuk ternak kambing
Carilah ilmu dalam beternak kambing, ilmu bisa didapat dari mana saja. Anda bisa mencari guru yang sudah mengecap manis dan asin dalam ternak kambing, tidak harus guru anda juga bisa mencari buku yang mengulas ilmu ternak kambing atau anda browsing mencari tips-tipsnya, seperti artikel yang anda baca sekarang ini.
2. Kenali ternak kambing anda
Sempatkanlah sedikit waktu diluar memberi pakan kambing untuk membersamai ternak kambing anda. Amati perilaku kambing-kambing anda, apakah ada yang aneh? apakah ada kambing yang menyendiri? jika anda menemukan kejanggalan atau tidak normal mengenai perilaku ternak kambing anda, segeralah cari tahu penyebabnya dan segera temukan solusinya.
3. Hemat biaya dengan umbar di padang rumput
Anda bisa menghemat biaya pemberian pakan dengan mengumbar ternak anda ke padang rumput, agar mereka mencari makan sendiri dan anda tidak repot memberi makan. Tapi anda juga boleh memberi pakan dengan cara ngarit, yaitu memotong rumput kemudian diberikan kepada ternak-ternak kambing anda. Air minum jangan dilupakan.
4. Cari pasar yang potensial
Carilah pasar yang potensial, para pebisnis kambing tentu menginginkan bisnis ternak kambingnya untung, maka carilah pasar yang kira-kira menguntungkan anda dalam menjual ternak. Momentum hari raya idul anda atau idul qurban menjadi momentum penting dalam penjualan kambing. Anda juga bisa bekerja sama dengan pabrik wol jika bulu kambing anda berkualitas bagus.
5. Analisa untung rugi
Setelah anda menjual ternak anda, segeralah lakukan analiasa dalam menghitung uang yang keluar dan uang yang masuk. Agar anda mendapatkan apakah untung ataukah rugi? Jika rugi yang diperoleh, maka segera analisa apa yang menbuat rugi agar tidak terulang lagi. Juga analisa hal apa saja yang menjadikan anda lebih untung.

0 komentar

Posting Komentar