Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 09 November 2015

Cara Memilih Burung Murai Batu

Burung murai batu adalah salah satu dari sekian banyaknya burung yang dicari karena keunikannya. Burung murai batu merupakan burung yang berkicau cerdas terbaik (dari keluarga Turdidae) yang sangat banyak penggemarnya. Memelihara burung Murai Batu sangat mudah dan menyenangkan bagi para penghobi burung. Tentu saja para pemelihara burung menginginkan burung yang mempunyai kualitas baik, dan itu ditentukan sejak pemilihan burung yang akan dipelihara.
Tidak hanya memilih, pemilik pun diharapkan mengenali betul burung yang akan dipeliharanya. Agar mengenali burung tersebut maka kita akan pelajari terlebih dahulu karakteristik burung tersebut. Nah artikel ini dikhususkan bagi anda yang ingin mengetahui karakteristik burung murai batu dan cara memilih burung murai batu yang berkualitas baik. Apa saja karakteristik burung murai batu dan bagaimana cara memilihnya? Ini dia ulasannya.

Karakteristik Burung Murai Batu

Karakteristik burung murai batu adalah sebagai berikut :
1. Mudah beradaptasi, burung Murai Batu memang dikenal sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan tempatnya berada.
2. Petarung yang gampang naik darah. Apabila burung murai batu mendengar suara burung Murai Batu lain atau melihat burung yang sejenis, maka semangat tempurnya langsung terbakar.
3. Birahi  cenderung mudah naik. Burung murai batu sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung murai batu ini. Stelan EF (Extra Fooding) yang berlebih, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Murai Batu betina dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
4. Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia, terutama jinak kepada pemiliknya.

Cara Memilih Burung Murai Batu

Cara pemilihan burung murai batu adalah sebagai berikut :
1. Kepala burung kotak, mata bulat besar dan juga melotot. Ini berarti burung ini mempunyai mental tempur yang sangat baik.
2. Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih burung yang berleher dan berbadan pendek.
3. Bentuk paruh, sebaiknya anda memilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
4. Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan burung tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung murai batu ini.
5. Lincah dan nafsu makannya juga besar. Ini merupakan ciri-ciri burung yang bermental baik.
6. Panjang ekor yang serasi dengan postur badan. Pilihlah bentuk ekor yang sedikit lentur.
7. Leher panjang padat dan berisi. Menandakan burung ini akan bisa mengeluarkan power suara secara maksimal.

0 komentar

Posting Komentar