Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 14 September 2015

Manfaat Kacang Merah bagi kesehatan

Ada yang belum tahu kacang merah? Hidup di Indonesia yang mempunyai hasil bumi yang begitu beragam memang menjadi kebanggaan tersendiri, kacang merah pun juga tak sulit dijumpai di bumi Indonesia ini. Setiap hasil bumi mempunyai khasiat atau manfaatnya tersendiri, tidak luput kacang merah yang punya banyak khasiat.

Kacang merah seringkali digunakan untuk bahan hidangan seperti saladm sayur, dan sebagainya. Meski menyimpan manfaat yang banyak, tapi ada sebagian orang yang takut untuk mengkonsumsinya karena alasan dapat menambah berat badan. Ketakutan itu berlebihan. Kacang merah mempunyai beragam manfaat baik yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Apa sajakah manfaat atau khasiat tersebut? Ini dia ulasannya.

Manfaat Kacang Merah bagi kesehata

1. Mengendalikan Gula Darah
Kacang merah memang mempunyai kandungan serat yang tinggi. Serat ini pun dapat menurunkan tingkat metabolisme karbohidrat dalam kacang-kacangan.
2. Kaya Kandungan Vitamin
Tahukah anda bahwa kacang merah adalah sumber vitamin B yang sangat baik, yang mana itu penting untuk sel-sel otak. Vitamin yang terkandung dalam kacang merah ini dapat memelihara saraf otak dan juga sel-selnya sehingga dapat mencegah penyakit yang terkait dengan usia seperti penyakit Alzheimer.
3. Mengendalikan Berat Badan
Pendapat yang mengatakan bahwa kacang merah menaikkan berat badan adalah mitos, tergantung bagaimana anda mengonsumsinya. Makan kacang yang dicampur ke dalam salad atau sup terbukti membuat anda kenyang lebih lama sehingga anda tidak sering-sering makan. Makanan ini baik untuk orang yang sedang diet.
4. Sebagai Pemasok Energi
Kacang merah kaya akan kandungan zat besi sehingga dapat meningkatkan energi. Kacang merah pun dapat membantu sirkulasi oksigen yang beredar ke seluruh tubuh.
5. Baik Untuk Otak
Tahukan anda bahwa kacang merah sangat baik untuk kesehatan otak karena mengandung banyak vitamin K yang menyediakan nutrisi penting bagi otak dan juga untuk sistem saraf.
6. Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung
Kandungan magnesium dan juga serat yang terkandung pada kacang merah mempunyai peran dalam menurunkan kolesterol jahat. Oleh karena itu kacang merah dapat mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung.
7. Buang Air Menjadi Lancar
Kacang merah mempunyai serat yang sangat baik untuk pencernaan sehingga memberi kelancaran dalam buang air besar. Buang air besar secara teratur juga dapat mencegah kanker usus besar.
manfaat kacang merah
Itulah beberapa manfaat dari kacang merah yang yang baik untuk tubuh manusia. Mulai sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsinya, karena itu memang baik. Konsumsilah kacang merah, tapi jangan berlebihan karena sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Makanlah secukupnya karena kita mengambil manfaat kacang merah, bukan keburukannya.

0 komentar

Posting Komentar